Andalkan Kemeriahan Acara pada MC

Disinilah peran seorang MC sebagai The King of The Programme, yang bertanggung jawab atas berjalannya sebuah acara. Tak hanya itu, MC pun satu-satunya orang yang mampu menjadi komando tamu undangan untuk bertepuk tangan, bernyanyi bersama, dan kegiatan lainnya.

Kezia Maya
Kezia Maya

Pentingnya peran MC dalam sebuah acara tentu menjadikan proses memilih seorang MC begitu krusial. Agar tak kecewa dalam memilih pemandu acara yang tepat, lima MC ini siap berbagi tips! Kezia Maya yang sudah berpengalaman memandu berbagai acara sejak 2005 ini menyarankan untuk memilih MC yang dapat menyesuaikan acara. “Pilihlah MC yang bisa menyesuaikan konsep acara, baik formal maupun informal.

Selain itu pilih MC yang sudah cukup lama berkarier dan berpengalaman dalam berbagai event,” saran pemilik akun instagram @keziamaya_mc ini. Pembaca acara yang juga merangkap sebagai penyanyi berbagai genre mulai dari Indonesia, barat, dan Mandarin ini menuturkan peran penting seorang MC. “Seorang MC adalah The King of The Programme yang bertanggung jawab memastikan acara berjalan sesuai dengan waktu dan urutan yang sudah ditetapkan.

Ming Ming
Ming Ming

MC juga harus dapat menjaga antusiasme, gairah, dan kemeriahan suasana serta menjadi pemimpin untuk memberikan komando tepuk tangan sebagai apresiasi kepada pengisi acara,” jelas Kezia Maya. Bagi Ming Ming, MC sekaligus pemilik Mingís EO-MC-Singer yang juga debut sejak 2005 ini menyarakan memilih seorang MC berdasar reputasinya. “Pilih MC yang memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi.

Pastikan reputasinya sebagai seorang MC baik, diakui para vendor, dan tidak bermasalah dengan vendor lain dan klien sebelumnya. Yang terpenting pilih MC yang sesuai dengan bujet, karena setiap MC memiliki standar minimum masing-masing,” ujar pemilik akun instagram @wamingshun yang juga ahli menyanyikan lagu Mandarin dengan fasih ini. Ming-ming yang humoris, kocak, dan penuh semangat ini juga menekankan pentingnya seorang MC di sebuah acara.

“MC bukanlah pembaca susunan acara, namun seorang yang harus ahli dalam membawakan dan membangun suasana sejak awal hingga akhir acara. MC juga bertanggung jawab agar hadirin dapat tertarik dan mengikuti alur acara dengan nyaman, bahkan jika acara ada kendala teknis. MC harus mampu berkata-kata untuk mengalihkan perhatian dengan materi yang sesuai,” ujar MC kondang yang menerima segala macam job event ini.

Pilih yang Berkualitas

Ferry Koesoema
Ferry Koesoema

Sementara itu, Ferry Koesoema yang terjun di dunia MC sejak 2008 menyarankan untuk memilih MC yang berpenampilan menarik. “Pilihlah MC yang good looking, sanggup berpenampilan, dan berbusana dengan baik.

Langkah selanjutnya kenalilah MC yang telah dipilih lebih dekat agar ada hubungan yang baik antara penyelenggara dan pemimpin acara,” saran spesialis MC dan penyanyi Mandarin Kota Semarang ini. Ferry yang juga fasih berbahasa Mandarin, Inggris, dan Indonesia ini fokus memandu acara pernikahan, pertunangan, gathering, dan arisan perkumpulan Tionghoa.

Ferry menambahkan, MC adalah penentu suasana acara. “Tanpa MC sebuah pesta akan berjalan tanpa arah, MC juga menentukan suasana akan elegan atau meriah,” ujar pemiliki akun instagram @Ferrykoesoema_semarang ini. Bagi Bagas, MC sekaligus pemilik Bintang EO dan Djanur Eo yang sudah malang melintang di dunia MC sejak 1990 ini, turut membagikan tips memilih MC.

Bagas
Bagas

“Pilihlah MC yang memiliki kualitas, bersuara bagus, bicara yang menarik, materi bicara yang tepat dan menyenangkan, serta penampilan mengesankan,” ujar pemilik akun instagram @bagassbagus ini. Bagas yang juga seorang pengajar MC dan public speaking ini menuturkan, kehadiran MC dalam sebuah acara adalah mutlak. “MC mutlak ada bahkan di acara sekecil apa pun,” tutur Bagas yang tak hanya jago bernanyi namun juga berpengalaman membawakan semua jenis acara tersebut.

Marcell Aditya
Marcell Aditya

Sementara Marcell Aditya, MC kenamaan di Semarang memilih MC harus disesuaikan antara karakter MC dan tema acara. “Sesuaikanlah tema dengan karakter MC, selain itu lihatlah pengalaman dan jam terbangnya. Pastikan MC komunikatif dan menyenangkan serta memiliki kepribadian yang baik,” kata pemilik akun instagram @marcell_adit ini. MC sekaligus penyanyi ini menuturkan, MC adalah jantung acara.

“Seorang MC merupakan jantung dari acara yang memandu jalannya setiap detail acara sejak awal hingga akhir. Jika ada hal di luar rencana, MC harus mengendalikan acara dan membuat keadaan menjadi kondusif dan sempurna. MC juga merupakan pencipta suasana sesuai dengan konsep yang diinginkan klien,” tutur MC yang fasih berbahasa Indonesia, Mandarin, dan Inggris ini.

Subscribe to Our Newsletter

(024) 7625095
sekretariat@ikapesta.com