Makna Mendalam Cokelat dan Kue Pernikahan

Sakral dan penuh filosofi, begitu suasana yang terasa ketika momen pemotongan kue pernikahan berlangsung. Menggenggam pisau kue berdua kemudian memotongnya secara bersamaan menjadi puncak acara yang memiliki banyak makna.

Dian Mas Cake
Dian Mas Cake

Salah satunya adalah lambang bahwa mempelai telah siap untuk mengarungi hidup bersama selamanya. Pentingnya proses pemotongan kue pernikahan menjadikan momen ini pusat perhatian para tamu undangan. Agar tak ada kesalahan vendor spesial kue pernikahan ini siap berbagi informasi istimewa. Dian Mas Cake yang diwakili oleh sang pemilik, Michael Suryana C sejak 1980 di Jalan Puri Anjasmoro Blok C1 No 2 Semarang ini menuturkan fungsi lain kue pernikahan. ”Kue pernikahan itu dapat memperindah dan mempercantik pesta. Tentunya dengan model yang sesuai dengan tema pada pesta tersebut.

Selain itu, kue pengantin juga melambangkan sebuah ikatan cinta pasangan mempelai dengan cara memotong kue pengantin bersama-sama. Setelah pemotogan kue itu diharuskan adanya acara suap kue, baik kepada orang tua maupun kepada pasangan mempelai,” jelas Michael yang koleksi kuenya dapat dilihat di akun instagram @dianmascake ini.

Dian Mas Cake yang menyediakan kue untuk pernikahan, ulang tahun, dan kue anak-anak serta balita ini menyarankan untuk memilih kue pengantin yang sesuai dengan bujet pengantin. ”Pilihlah vendor yang pada saat pemesanan dan hari berlangsungnya acara memiliki hasil akhir yang sesuai. Tentunya yang paling penting harus sesuai dengan bujet yang pas dengan kantong,” ujar Michael yang menawarkan kue-kue cantik dengan harga terjangkau ini.

D’Nino Patisserie
D’Nino Patisserie

Menurut Michael, kue pernikahan memiliki beberapa tren yang sedang digandrungi. ”Tren kue pernikahan belakangan ini adalah marbel wedding cake dan mapping wedding cake,” jelas pemilik vendor kue yang menawarkan pembuatan kue sesuai dengan keinginan klien ini. Dian Mas Cake memberikan pelayanan istimewa dengan menampilkan hasil jadi kue sebelum hari pernikahan tiba agar dapat dilakukan perbaikan bila klien merasa kurang puas. Tak hanya itu, Dian Mas Cake juga memberikan keringanan pelunasan pembayaran setelah pesta berlangsung. Selanjutya Erni, perempuan cantik pemilik dan cake decorator dari D’Nino Patisserie yang berada di Jalan MT Haryono 251 Semarang sejak 2014 ini menuturkan peran kue pernikahan. ”Momen pemotongan kue merupakan center atau inti acara. Kue pernikahan merupakan sesuatu yang sakral, karena di dalamnya ada sebuah lambang komitmen dan kerja sama dari kedua mempelai,” ungkap Erni yang memamerkan karya-karya menggiurkannya di akun instagram @dnino_pastry ini.

Menurut Erni ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan kue pengantin. ”Konsep dan tema harus sesuai dengan karakter dan gaya si pengantin. Jangan memaksa mengikuti tren tapi tidak sesuai dengan karakter atau mungkin di dalam keluarga. Yang perlu dicatat tema sangat menentukan dekorasi dan warna kue. Skala pesta dan jumlah tamu juga memengaruhi ukuran kue. Selain itu persiapan yang matang memerlukan waktu untuk pesta yang memorable, jadi direncanakan lebih awal lebih baik,” saran Erni yang menggunakan bahan premium berkualitas dalam mengolah kue-kue cantiknya ini.

D’Nino memberikan pelayanan desain kue pengantin dengan menyesuaikan tema-tema tren terbaru. ”Saat ini lebih condong ke minimalis modern, geometrical, dan kue cenderung lebih simpel. Namun gaya rustic masih digemari meski sudah mulai ditinggalkan. Warna-warna seperti hitam, deep blue, dan emas mulai mendominasi untuk tahun 2018. Tapi tentu saja konsep klasik adalah tak termakan waktu,” bongkar Erni yang juga menawarkan banquet dessert yaitu katering spesial hanya untuk sweet tooth.

Hidangan Cokelat

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula kreativitas terutama dalam pesta. Kini tak hanya kue pernikahan yang menyita perhatian tamu undangan. Kue cokelat, cokelat fountain, dan suvenir cokelat lucu juga mampu menarik atensi pengunjung pesta.

Conetta Choholate
Conetta Choholate

Leni Arjani, seorang seniman cokelat bernama Conetta Chocolate yang berada di Pekunden Dalam 47 Semarang sejak 1997 ini juga siap berbagi info menarik seputar cokelat. ”Cokelat di dalam sebuah pesta itu melambangkan kemanisan, diharapkan kehidupan pernikahan bisa semanis cokelat. Tak hanya itu, cokelat juga membawa pesan tersendiri yang dapat memberikan kehangatan, kemanisan, dan persahabatan, sehingga bagi yang menerimanya akan merasa memiliki suatu hubungan lebih khusus,” tutur pemegang akun instagram @Chocoballs_Conetta sambil tersenyum.

Conetta Choholate menyediakan berbagai bentuk suvenir cokelat dan cokelat fountain megah untuk momen pesta. Leni juga rela berbagi tips seputar cokelat. ”Cokelat untuk suvenir pernikahan sesuaikan dengan tema acara dan warna yang dominan di dekorasi gedung. Sementara untuk memilih vendor cokelat pertimbangkanlah dari segi pelayanan, variasi produk, dan harga,” ungkap Leni yang siap menerima pesanan cokelat sesuai dengan permintaan klien.

Sumber : SM

Subscribe to Our Newsletter

(024) 7625095
sekretariat@ikapesta.com