Menggemakan Pesta dengan Tata Suara

Selain tata cahaya dan tata panggung, ada satu lagi yang mendukung sebuah acara, yaitu tata suara atau sound system. Tak dapat dipungkiri, sound system memiliki peranan besar dalam sebuah pesta.

Semakin besar pesta semakin besar pula peralatan tata suara yang dibutuhkan. Sound system berfungsi sebagai media yang mampu menyampaikan pesan dari pengisi acara, baik suara dari pembaca acara, penyanyi maupun musik yang nantinya akan sampai ke telinga audiens.

Besarnya peranan tata suara ini memantik tiga vendor penyedia sound system untuk berbagi informasi istimewa seputar tata suara. Agung Platinum, perwakilan dari Platinum Sound System yang berada di Jalan Wanara Barat 1 No 858A- 859APerum Kekancan Mukti Pedurungan Semarang sejak 2009 ini menuturkan, sound system merupakan bagian tak terpisahkan dari sebuah pesta.

Platinum Sound System
Platinum Sound System

“Sound system memainkan peranan penting dalam suatu pertunjukan langsung dan menjadi satu bagian yang tak terpisahkan dari tata panggung, bahkan dari acara pertunjukan itu sendiri,” jelas Agung.

Pemilik akun Instagram @platinumsoundsystem ini mengatakan, sound system adalah teknik pengaturan suara atau bunyi pada suatu pertunjukan, pesta, dan konser. Sound system ini erat kaitannya dengan pengaturan suara agar bisa terdengar kencang tanpa mengabaikan kualitas dari suara-suara yang dikuatkan.

“Pengaturan tersebut meliputi pengaturan mikrofon- mikrofon, kabel-kabel, dan juga audio power amplifier serta speakerspeakernya,” terang Agung yang berpengalaman menyediakan sound system untuk acara seperti product launching, company gathering, fashion show, tour atau road show, wedding atau birthday party, exhibition, maupun mobile disco. Agung Platinum juga menerangkan dampak salah memilih sound system yang tepat.

“Salah memilih jenis sound system akan berdampak pada ketidaksempurnaan suara yang dihasilkan, sehingga acara Anda menjadi kurang maksimal. Bahkan dalam sebuah acara kita terkadang merasa tidak nyaman dengan sound system tertentu, kita sering mendengar suara feedback, suara dengung bahkan suara yang memekakan telinga.

Karena itu, pilihlah jenis sound system sesuai dengan kebutuhan,” saran Agung yang menyediakan perangkat mulai dari KV2 Audio, DAS audio, RCF TTL series, Midas pro, Yamaha CL5 dengan standar internasional ini.

Sesuaikan Kebutuhan

Apro Sound
Apro Sound

Arya Tedjonugroho, pemilik dari Apro Sound yang sudah berpengalaman sejak 2010 di Jalan Kokrosono 542 Semarang ini pun tak mau ketinggalan untuk berbagai informasi seputar tata suara. “Sound system adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah pesta, karena tanpa sound system sebuah pesta akan sangat tidak mungkin bisa dilakukan.

Dengan sistem yang baik, kualitas suara yang terpercaya maka terciptalah suara yang megah dan nyaman di telinga. Sebuah pesta tidak bisa dinikmati apabila kualitas sound dan sistem suara yang ditata tidak dikerjakan dengan baik,” jelas pemilik akun Instagram @aprosound_ smgini.

Apro Sound yang menyediakan audio pro untuk acara pernikahan, ulang tahun, pameran, dan gathering ini turut menyarakan untuk memilih sound yang sesuai dengan kebutuhan. Pimpinan Thunder Production cabang Semarang, Nathaniel juga tak ingin diam saja. Pria yang sudah berpengalaman sejak 2000 di Pusponjolo Selatan 36 ini menuturkan pentingnya sebuah audio.

“Sound menjadi bagian penting dalam sebuah pesta, karena merupakan sarana untuk penyampaian informasi kepada audiens dan komunikasi di antara pengisi acara. Dengan mempertimbangkan dua faktor di atas maka sound memiliki peran yang vital. Sound yang andal dan nyaman akan memberikan suasana yang nyaman pula.

Thunder Production
Thunder Production

Pemegang akun Instagram @thunder_ production ini juga membeberkan kiat-kiat seputar sound system. “Sound yang baik tentu yang menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen, suara keras, dan besarnya ukuran speaker bukanlah parameter yang benar, melainkan bagi kami kejernihan dan kejelasan menjadi bagian yang lebih utama dan penting.

Rekam jejak menjadi bagian penting juga dan pengalaman menangani skala event bisa menjadi suatu bentuk pertimbangan dalam pemilihan vendor. Power bukan segalanya, melainkan clarity,” tutup Nathaniel.

Sumber : SM

Subscribe to Our Newsletter

(024) 7625095
sekretariat@ikapesta.com