Menilik Kembali Fungsi EO

Semua orang berhak memilih apakah ingin terjun langsung mengemas acaranya sendiri atau mempercayakannya pada pihak lain. Bagi kawan-kawan yang memilih terjun langsung, boleh jadi karena ingin acara yang diselenggarakan dapat berhasil sesuai dengan harapan.

Sweet Event Organizer
Sweet Event Organizer

Namun, tak ada salahnya mempercayakan pesta impian kepada pihak lain. Juga tak perlu ragu acara tidak berjalan sesuai dengan keinginan. Sebab, kini banyak vendor Event Organizer (EO) yang mumpuni untuk mewujudkan pesta sesuai dengan impian tanpa perlu kerepotan mengurus segalanya sendiri. Sweet Event Organizer, diwakili oleh sang pemilik Danni, membeberkan fungsi dan manfaat memakai jasa EO.

”Fungsi EO adalah mewakili keluarga dalam berinteraksi dengan para vendor pendukung acara. Menggunakan jasa EO, keluarga tidak perlu lagi repot-repot mengurus ini-itu untuk keperluan acara. Karena semua sudah dikerjakan oleh EO guna menyelaraskan para vendor, sehingga tercapai kesuksesan suatu acara,” tutur Danni yang sudah berkecimpung dengan dunia EO sejak 2008 ini. Ia mengatakan, ”Perbedaan menggunakan EO atau tidak, terletak pada kesibukan yang akan dialami keluarga.

Bagi yang tidak menggunakan EO, mereka harus mengurus semua sendiri. Namun jika menggunakan EO, semua acara lebih terjadwal dan terkontrol.” Vendor yang berada di Jalan Beteng No 4 Semarang ini pun tidak pelit untuk berbagi saran agar sesuai dalam memilih jasa EO. ”Carilah Vendor yang Anda merasa nyaman ketika bertemu dengannya.

Yang mau mengerti keinginan Anda dan bukan memaksakan keinginan mereka. Jangan sembarangan memilih vendor, karena harga atau namanya. Tapi carilah info latar belakangnya, supaya hari istimewa Anda tidak mengecewakan,” saran pemilik akun instagram @danni_sweet_eo ini.

Pesta Lebih Meriah

Sion Wedding and Event Organizer
Sion Wedding and Event Organizer

Selain Sweet Event Organizer, ada pula Sion Wedding and Event Organizer yang sudah sejak 2004 melayani jasa mengemas acara. Agus Handoyo, sang pemilik juga tak keberatan berbagi tips memilih vendor event organizer.

”Yang terpenting sebelum menentukan vendor adalah memastikan bujet yang dianggarkan. Pilihlah vendor yang sesuai dengan bujet dan yang bisa mewujudkan keinginan dari klien tersebut,” saran Agus yang beralamat di Jalan Singa Tengah No 3 Semarang ini. Pemilik akun instagram @agus_sion_eo ini pun menjelaskan fungsi dan peran sebuah jasa EO.

”EO itu membantu klien melengkapi vendor-vendor di hari diselenggarakannya acara. EO juga mampu mewujudkan keinginan klien dalam menyusun jadwal rencana pernikahan yang diinginkan klien tersebut. Yang terpenting EO berfungsi untuk mengoordinasikan rencana tersebut pada hari H agar dapat berjalan dengan baik sesuai jadwal acara,” jelas Agus yang kerap melayani jasa EO untuk acara pernikahan, wedding anniversary, event, gathering, birthday, dan engagement ini.

Agus juga menambahkan, ”Ada perbedaan besar antara yang menggunakan jasa EO dan yang tidak. Contohnya saja dari segi waktu, pemakai jasa EO pasti lebih tertib dan terkoordinasi kapan jadwal make-up mulai, kapan catering keluar, kapan opening, kapan closing. Sementara yang tidak menggunakan jasa EO, pasti tidak terkoordinasi dengan baik.

Merlion The Event Organizer
Merlion The Event Organizer

Misalnya waktunya menjadi molor karena tidak ada yang mengatur acara tersebut. Kedua, dari segi acara. Jika yang menggunakan jasa EO pasti lebih disiplin dan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Jika yang tidak menggunakan jasa EO, kembali lagi tidak ada yang mengoordinasi acara,” jelas Agus bersemangat. Selanjutnya ada Afung, pemilik dari Merlion The Event Organizer yang berada di Jalan Dahlia Utara 19A Semarang sejak 2003 ini juga menjelaskan betapa penting jasa EO.

”Dengan adanya EO dapat membantu dan mendampingi calon pengantin serta kelurga. EO juga membantu merencanakan dan membuat acara pesta menjadi lebih terarah dan terorganisasi. EO juga dapat membantu pengantin dan keluarga membuat bujet, sehingga dapat menekan biaya pesta.

Yang terakhir EO turut membantu membuat konsep acara menjadi lebih variatif, sehingga pesta lebih meriah,” jelas Afung bijak. Ia juga menambahkan tips memepersiapkan acara bersama EO. ”Ajaklah EO saat pengantin dan keluarga mengunjungi vendor- vendor yang dibutuhkan.

Karena EO lebih tahu apa yang dibutuhkan, sehingga dapat menghemat biaya. Mintalah EO membuat anggaran biaya, sehingga pengeluaran bisa ditekan. Adakan meeting intern antara dua belah pihak dengan EO untuk membicarakan acara serta persiapan sebelum hari H tiba, agar pesta dapat berjalan dengan lancar.”

Sumber : SM

Subscribe to Our Newsletter

(024) 7625095
sekretariat@ikapesta.com