Pesta Penuh Sukacita berkat Pemandu Acara

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pesta dapat berjalan sesuai dengan rangkaian acara berkat bantuan pembawa acara. MC atau pemandu acara bertugas untuk mengatur dan memastikan acara agar tidak melenceng dari rencana. Tak hanya itu, MC juga harus bisa memeriahkan sebuah pesta supaya tak berlangsung monoton.

Ferry Koesoema
Ferry Koesoema

Ferdy Is Kusumawadi atau lebih tenar dengan nama panggung Ferry Koesoema berbagi cerita seputar peran MC. ”Pesta tanpa MC bisa kok, buktinya zaman dulu belum ada MC juga orang tua kita bisa resepsi. Bedanya, kalau ada MC pestanya lebih teratur, acara mulai dan selesai lebih terarah, MC juga yang menentukan suasana pesta akan seperti apa,” jelas pria 34 tahun ini memulai.

Ferry yang sudah berpengalaman membawakan acara sejak 2008 tersebut juga memberikan tips seputar MC. ”Tentu saja pilihlah MC yang welcome, bukan sekadar welcome pada uang Anda, tapi juga welcome pada kebutuhan Anda. Seorang klien dekat dengan MC adalah sebuah anugerah. Bukan saja mendapat sahabat baru, melainkan sahabat yang mengerti kebutuhanmu. Dengan dekat dan kenal MC Anda, masalah harga jasa, kostum, dan kebutuhan mengenai penyuksesan pesta Anda akan dengan mudah dikomunikasikan,” terang pemilik akun Instagram @ferrykoesoema_semarang ini.

Pria yang juga sempat menjajal sebagai penyiar radio sejak 2006 ini memiliki kemampuan berbahasa Mandarin dan Inggris. Hal ini memiliki nilai tambah bagi Ferry untuk menjadi seorang pemandu acara yang kliennya beragam. ”Saya memiliki latar belakang pendidikan bahasa Mandarin dan bahasa kedua saya bahasa Inggris.

Selain kemampuan MC, saya juga aktif menyanyi dan peka nada. MC adalah pembawa acara, penyanyi adalah hiburan. Kalau bisa memilih dua skill dalam satu, mengapa harus bayar lebih?” tanya Ferry jenaka.

Kezia Maya
Kezia Maya

Selain Ferry, ada pembawa acara Kezia Maya. MC yang sudah kerap membawakan acara sejak 2005 ini juga tak mau kalah untuk berbagi informasi seputar pemandu acara. ”Menurut saya MC memegang peranan penting dalam sebuah acara. MC bertanggung jawab memastikan acara berjalan sesuai dengan waktu dan sesuai dengan urutan acara yang ditetapkan.

Dalam hal ini MC bisa disebut juga sebagai the king of the programme, MC berfungsi sebagai pengendali acara sesuai dengan waktu dan susunan acara, tentunya dalam sebuah pesta, MC juga harus bisa menjaga antusiasme, gairah, dan kemeriahan suasana. Jangan biarkan audiens bosan. MC adalah pemimpin audiens yang dapat memberikan komando tepuk tangan sebagai apresiasi kepada pengisi acara,” jelas Kezia yang menawarkan jasa MC untuk acara pernikahan, ulang tahun, dan gathering ini.

Pemilik akun Instagram @keziamaya_ mc ini juga tak pelit memberikan informasi cara memilih MC agar tak mengecewakan. ”Saya sarankan untuk memilih MC yang sudah cukup lama dan berpengalaman dalam berbagai acara.

Pertimbangkan juga MC yang bisa menyesuaikan tempat di mana ia dapat membawakan acara, baik formal maupun informal,” jelas Kezia yang juga pandai bernyanyi berbagai jenis lagu dan genre musik ini.

Dikendalikan MC

Terakhir ada Mingming, pemilik nama lahir Sunandar Cahaya Wijaya ini juga menegaskan peran penting pembawa acara. ”MC itu sebagai introducer, pengendali acara, pembangun suasana, dan star maker. Namun fungsi utamanya adalah mediator antara tamu undangan dan tuan rumah, event organizer, pengisi acara, pembicara atau artis dalam sebuah acara. Jika tidak ada MC, acara dapat berlangsung kacau karena segala sesuatu bisa terjadi di atas panggung. Kesalahan yang terjadi serta tidak sesuai dengan skenario maka harus tetap dikendalikan oleh MC, sehingga audiens tidak menyadari adanya sesuatu yang salah. Jika tidak ada MC, acara yang melenceng dan di luar skenario tidak akan bisa diatasi. Momen yang seharusnya berharga dapat berubah menjadi kenangan yang memalukan,” ujar Mingming yang sudah berpengalaman sejak 2000 ini.

Ming Ming
Ming Ming

Pemegang akun Instagram @wangmingshun ini menyarankan untuk mengikuti step-step berikut dalam memilih MC. ”Pertama harus cari MC, bisa dari internet atau paguyuban pengusaha jasa dan perlengkapan pesta, karena vendor yang ada didalamnya pasti terpercaya. Kedua, tentukan bujet dan sesuaikan dengan MC.

Selanjutnya ajukan tanggal dan jam acara, usahakan sudah booking jauh-jauh hari. Ajukan juga konsep acara, review MC, dan terakhir adalah dealing dengan MC,” saran Mingming detail. Saat ditanya keistimewaannya, Mingming menjawab dengan tawa renyah. ”Saya ini penuh semangat, ceria, supel, ramah, humoris, dan berusaha down to earth. Saya selalu berusaha mendekatkan diri dengan klien dan tamu undangan.

Itulah yang menyebabkan saya mampu membuat suasana hidup menjadikan lebih riang, ringan, meriah, dan tamu menikmati rangkaian acara yang yang dibawakan. Saya juga mau turun panggung, menyapa audience, mendekat dengan tamu undangan, mengajak tamu turut berinteraksi, membuat suasana menjadi hangat dan tidak kaku tetapi tetap sopan dan elegan,” tutup Mingming yakin.

Sumber : SM

Subscribe to Our Newsletter

(024) 7625095
sekretariat@ikapesta.com