Tepat Memilih Venue Pesta

KEBERHASILAN dalam sebuah pesta tak akan tercapai apabila tak ada kenyamanan para tamu undangan di dalamnya. Kenyamanan ini tak lain salah satunya dapat terwujud dengan pemilihan venue pesta yang tepat.

Sebuah tempat dengan akses yang mudah dijangkau, sesuai dengan konsep dan jumlah pengunjung, memiliki pemandangan bagus, serta lahan parkir luas adalah beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan sebuah tempat pesta. Agar semakin banyak hal yang diketahui dalam menentukan venue pesta, empat vendor di Semarang ini siap berbagi informasi.

Vina House
Vina House

Cindy Bachtiar pemilik Vina House, Function Building & Restaurant pertama di Semarang yang beralamat di Jalan Diponegoro 29 Semarang sejak 2000 dan memiliki venue indoor, outdoor, dan semi outdoor ini menyarakan agar klien melakukan survei sebelum menyewa tempat. ”Lakukan survei ke beberapa venue agar mendapatkan tempat atau venue yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

Sesuaikan kapasitas tempat dengan jumlah tamu undangan. Pilih harga yang bersahabat, lokasi strategis, lahan parkir luas, dan catering yang sesuai dengan selera,” saran Cindy.

Vina House mengusung nuansa kemewahan yang lebih privat dan elegan, sehingga tepat untuk menyelenggaran acara wedding, meeting, seminar, product launching, pisah sambut, dan birthday party. ”Kenyamanan adalah hal utama yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat.

LA KANA - Susan Spa & Resort
LA KANA – Susan Spa & Resort

Banyak gedung yang dianggap kaku dan terkesan kotak, sehingga membuat orang merasa bosan. Karena itu, Vina House menawarkan kesan privat meski tengah menjamu tamu dalam jumlah banyak,” kata Cindy. Sementara Pina Budiarti, assistance marketing manager LA KANA The Royal Wedding Venue by Susan Spa & Resort yang berada di Bandungan Kabupaten Semarang sejak 2010 ini, menyarankan untuk mempertimbangkan venue yang memiliki keunikan.

”Tempat pesta harus memiliki keunikan, daya tampung ruang yang cukup, parkir luas, aman, udara segar, dan tersedia akses khusus untuk pengguna kursi roda dan memiliki lift. Keberadaan venue yang dekat dengan tempat wisata juga dapat menjadi bahan pertimbangan,” jelas Pina. LAKANA menawarkan outdoor venue dan grand ballroom dengan chapel putih megah yang berdiri di atas kolam raksasa.

Di kelilingi rumput hijau dan area pesta berlevel dengan kanopi kaca yang dapat menampung 200 hingga 1.200 orang. Pina juga menambahkan untuk memperhatikan katering yang disediakan oleh setiap venue. ”Katering juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam perhelatan pesta.

LAKANA sendiri sudah dilengkapi dengan Susan Spa & Resort Catering. Tak hanya katering yang spesial, LAKANA juga menyediakan venue outdoor yang bebas dari hujan dan memiliki pemandangan menakjubkan, yakni view saat matahari terbit dan terbenam, hamparan rawa pening, perbukitan, dan sembilan gunung yang membentang,” ujar Pina bersemangat.

Sesuaikan Bujet

The Vee Ballroom
The Vee Ballroom

Bagi Yoyok Waluyo, banquet sales manager dari Holiday Group yang menawarkan The Vee Ballroom di Jalan Gajahmada 146 dan Sri Ratu Convention Center di Jalan Pemuda 35 sejak 1990 ini, hal yang paling utama dipertimbangkan dalam menentukan sebuah venue adalah kecocokan dengan bujet.

”Untuk menentukan tempat acara, yang pertama harus diperhatikan adalah bujet yang sesuai dengan kemampuan klien. Selanjutnya pilihlah venue yang berada di tengah kota. Hal ini agar memudahkan tamu undangan untuk menemukan venue dan datang ke tempat pesta,” jelas Yoyok. Sri Ratu Convention Center adalah gedung tinggi dan besar yang ada di tengah kota, sedangkan The Vee Ballroom merupakan gedung dengan interior apik dan dilengkapi dengan service valet yang siap melayani para tamu undangan.

Sri Ratu Convention Center
Sri Ratu Convention Center

Yoyok juga menambahkan untuk menyesuaikan besar gedung yang dipilih dengan jumlah tamu undangan. ”Sesuaikan besar gedung dengan jumlah tamu undangan, jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil. Kapasitas Sri Ratu Convention Center dapat menampung 160 meja dan 200 orang prasmanan.

Sementara The Vee Ballroom menampung 50 meja dan 700 orang prasmanan,” tutur yoyok. Saran-saran yang telah dibocorkan oleh para vendor venue pesta di Semarang ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan tempat pesta yang pas dan sesuai dengan kebutuhan. Karena pemilihan venue yang tepat dapat menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan bagi klien dan tamu undangan.

Subscribe to Our Newsletter

(024) 7625095
sekretariat@ikapesta.com