Abadikan Momen Keindahan dalam Segala Suasana

Mengabadikan setiap momen akan memberikan memori mendalam di masa yang akan datang. Untuk membuat momen menjadi lebih indah, banyak jasa fotografi menawarkan produk fotonya di masa new normal ini, baik yang dilakukan di dalam maupun di luar ruangan.

Seperti jasa fotografi Altura Picture. Debut pada 2010, vendor yang beralamat di Jl Afa VII No 26 ini tidak hanya menyediakan foto untuk pernikahan, tapi juga foto interior, produk F&B, dan foto fashion baik studio/outdoor. “Kami berpengalaman lebih dari 10 tahun.

Kami tahu semua orang ingin foto yang bagus, tapi kadang terkendala biaya. Karena itu di masa pandemi ini, kami mengeluarkan paket harga yang terjangkau. Klien dapat merancang apa saja item yang ingin didapat dengan menyesuaikan budget (customize package), sehingga tidak terpaku pada satu harga saja. Murah tetapi bukan murahan,” kata Emanuel Alvin, pemilik Altura Picture. Emanuel pun membagikan tips bagaimana memilih vendor fotografi agar tidak kecewa dan bagaimana mempersiapkannya, termasuk waktu booking dan lain-lain. “Lihat dulu portfolionya di medsos.

Berani untuk membuat janji temu untuk lebih mengenal fotografernya, bagaimana attitude-nya, pengalamannya, tanyakan secara mendetail sistem kerjanya. Karena tidak bisa kalau hanya via chat/WA, jadi harus bertemu. Lebih baik booking dipersiapkan minimal enam bulan sebelum hari H. Ingat, harga mahal tidak menjamin foto Anda bagus, harga murah tidak berarti fotografer itu amatir,” ungkapnya. Emanuel juga menguraikan terkait keuntungan dan kerugian dari photo prewedding indoor, serta memberikan tips dan triknya. Menurutnya, kerugian foto di ruangan yaitu minim space/spot foto, monoton, hasilnya kurang bervariasi. Adapun keuntungannya, hasil foto lebih terkontrol karena memakai pencahayaan yang teratur, lebih aman dari virus, waktu foto sebentar jadi tidak lelah. Untuk foto-foto di ruang outdoor, kerugiannya cuaca tidak menentu, lelah, memakan waktu, biaya lebih besar, rawan tertular virus.

Keuntungannya, variasi lokasi lebih banyak, tidak monoton, lebih atraktif, lebih dapat kesan romantisnya.Emanuel kemudian berbagi tips dan trik foto di ruang outdoor. “Cari hari kerja di mana lokasi foto cenderung sepi, lalu cek bulan apakah di musim panas/hujan sesuaikan dengan lokasi. Persiapkan jauh-jauh hari agar jika tidak sesuai dengan rencana masih punya backup plan lainnya terutama di masa new normal ini.” Sementara untuk indoor, dia mengatakan, booking studio jauh-jauh hari, pikirkan konsep apa yang akan diterapkan (baju, dekorasi, dan lainnya) agar tidak monoton hasil fotonya. “Sesuaikan studio yang akan disewa, apakah cukup banyak spot variasi background-nya.”

Keuntungan dan Kerugian Hal senada juga disampaikan Alvin Fauzie, pemilik Alvin Photography yang beralamat di Jalan Candrakirana No 10, Sagan, Yogyakarta dan Jalan Lampersari No 42A, Semarang. Debut pada 2009, vendor denga IG @alvinphotography ini menawarkan keistimewaan foto indoor dan outdoor. “Kami memiliki studio indoor yang bisa digunakan untuk foto studio ataupun prewedding. Background yang kami gunakan di studio, juga tidak ada di studio lain.

Karena studio kami mengedepankan kreativitas dalam pengaturan dekorasi studio tersebut,” ungkapnya. Alvin juga berbagi tips dalam mencari jasa fotografi yang bagus. “Cari informasi di website atau sosial media mengenai vendor yang diminati, amati hasil foto dan style vendor tersebut. Cari yang sesuai dengan selera. Cari tahu juga mengenai reputasi vendor dari testimoni orang lain. Mengenai booking foto bisa dilakukan setidaknya tiga bulan sebelum hari-H.

Selanjutnya menyiapkan konsep yang diinginkan dan berdiskusi dengan fotografer,” urainya. Alvin lalu menuturkan keuntungan prewedding indoor, yakni bisa mengeksplorasi dekorasi sesuai dengan konsep dan bisa menjalankan pemotretan di segala cuaca. “Di masa pandemi seperti ini juga lebih aman, karena tidak perlu bepergian dan jauh dari keramaian.” Adapun kerugian prewedding indoor, hanya bisa menggunakan lokasi di studio dan tidak bisa mengeksplorasi di luar studio.

Namun, keuntungannya bisa mengeksplorasi tempat di luar studio sesuai dengan keinginan klien. “Kerugian prewedding outdoor, berkaitan dengan cuaca, ada risiko seperti hujan. Karena itu, konsultasikan dengan vendor mengenai konsep, lokasi pemotretan, outfit, make up, dan properti foto yang digunakan. Pilihlah warna-warna yang matching agar foto dapat terlihat lebih menarik,” tandasnya.(sp-49)

Subscribe to Our Newsletter

instagram : @ikapesta
sekretariat@ikapesta.com