Filosofi Kue dalam Sebuah Pesta

Dalam sebuah pesta tak lengkap rasanya jika tak ada sebuah kue. Di perayaan pernikahan misalnya, kue pengantin selalu menjadi bagian terpenting. Pemotongan kue pengantin oleh kedua mempelai pun sering kali dipilih sebagai momen puncak dari sebuah pesta pernikahan. Tak hanya mempercantik dekorasi, kue pengantin juga memiliki berbagai filosofi.

Pemotongan kue secara bersamaan oleh kedua mempelai merupakan simbol keduanya akan bekerja sama sebagai pasangan. Di Skotlandia dan Inggris, kue pengantin merupakan simbol harapan. Masyarakat di kedua negara tersebut percaya kue pengantin adalah simbol kesuburan dan pengharapan akan segera diberikannya keturunan kepada kedua mempelai.

Tak hanya itu, kue pengantin merupakan simbol karakter mempelai karena menunjukan kreativitas kedua mempelai dalam mendesain kue pengantin sebagai gambaran kepribadian keduanya. Selain pesta pernikahan, kue juga merupakan elemen yang tak boleh ketinggalan dalam pesta ulang tahun.

Sama dengan kue pengantin, kue ulang tahun yang berhias lilin merupakan simbol harapan bagi yang sedang bertambah usia. Nah, berbicara mengenai kue, empat vendor cake ini akan berbagi tips agar tak salah langkah dalam memilih kue untuk pesta.

Le Wiji Cake and Chocholate
Le Wiji Cake and Chocholate

Joyce D Wijaya, pemilik Le Wiji Cake and Choholate, vendor kue yang merupakan anak brand dari De Koning Bakery yang sudah berdiri sejak 1978 mengatakan memilih kue untuk pesta harus sesuai dengan tema acara. “Yang dilakukan pertama kali adalah menentukan tema acara. Jika sudah ditentukan, dapat memesan kue sesuai dengan tema.

Meski spesialiasi kami ke produk coklat, kami juga menyajikan cake yang bervariasi dan kami juga menawarkan solusi terbaik sesuai dengan kebutuhan dan buget pelanggan,” ucap Joyce. Toko kue yang terletak di Jalan Pemuda No 76 Semarang ini menyediakan chocolate praline, chocolate devil cake, custom wedding cake, birthday cake, dan berbagai macam kue sesuai dengan tema pesta pelanggan.

Mother Chu Cake
Mother Chu Cake

Menambahkan pernyataan Le Wiji Cake and Chocolate, Santi Mariana pemilik Mother Chu Cake yang beralamat di Jalan Indrapasta No 23 Semarang menyatakan selain tema, pelanggan juga harus menyesuaikan dengan dekorasi. “Selain menyesuaikan tema, pelanggan juga harus menyesuaikan kue dengan dekorasi pesta.

Semakin besar acara, semakin besar dan detail pula hiasan kue. Jika pesta dilaksanakan di gedung yang besar, pelanggan harus memilih kue yang tinggi sebagai penyeimbang dekorasi. Saat difoto pun akan terlihat menonjol,” jelas Santi.

Tak hanya memiliki produk kue yang cantik, Mother Chu Cake pun memiliki rasa yang enak dengan tekstur lembut agar tak mengecewakan tamu pesta. “Kue kami enak dan bertekstur lembut. Kami menggunakan bahan-bahan premium dan tanpa bahan pengawet. Dari segi hiasan juga mendetail. Jadi selain enak juga indah, yang tentu saja tidak akan membuat pelanggan dan para tamu kecewa,” tambah Santi.

Empat Tips

Laurent’s Cake
Laurent’s Cake

Handys Sastradi, suami Laurentia Dewi, pemilik Laurentís Cake yang betempat di Jalan Batan Selatan No 36 Semarang sejak 1997 ini menyatakan ada empat langkah yang harus diperhatikan dalam menentukan kue pesta. “Ada empat langkah, yakni menyesuaikan tema, konsep dan baju pesta, lalu menyesuaikan dekorasi pesta, kemudian menyesuaikan ukuran kue berdasarkan jumlah tamu undangan dan luas serta tinggi tempat, dan yang terakhir menyesuaikan bujet,” bocor Handys.

Laurentís Cake menerima pesanan wedding cake, birthday cake, sweet seventeen cake, one month baby cake, lapis surabaya, black forest, siram coklat, roll cake, dan cupcake sesuai dengan kebutuhan pesta pelanggan dengan rasa yang enak serta menjamin tepat waktu dalam hal pengiriman.

Laura Cake Boutique
Laura Cake Boutique

Laura Irlanita, pemiliki Laura Cake Boutique yang berdiri sejak 2005 di Jalan Suyudono 97b Semarang mengatakan, hal terpenting dalam mempersiapkan kue adalah waktu pemesanan.

“Untuk memilih kue di acara pesta sebaiknya jangan mendadak atau terburu-buru. Sebab untuk beberapa detail, terutama kue pernikahan tidak dapat dikerjakan secara cepat demi hasil yang optimal. Idealnya dibutuhkan waktu enam bulan sebelum hari pesta berlangsung,” ungkap Laura. Lara Cake Boutique menawarkan pilihan tipe, warna, jenis bunga yang akan dipakai di kue pengantin.

Ada 30 macam bunga rose gumpaste yang bisa pelanggan pilih untuk hiasan kuenya. Ada pula bunga Anggrek dan Casablanca. Selain itu, pelanggan dapat melihat full detail kue yang dipesan lengkap beserta bunga, taplak meja, dan slayer yang akan digunakan sejak dua minggu sebelum pesta berlangsung.

Jadi jika ada yang tidak sesuai masih ada waktu untuk dilakukan koreksi. Setelah mengetahui tips dan trik memilih kue untuk pesta, kini tidak perlu khawatir dan takut lagi untuk menentukan kue seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan pesta.(58)

Subscribe to Our Newsletter

instagram : @ikapesta
sekretariat@ikapesta.com