Memanjakan Telinga Tamu Undangan

DALAM sebuah pesta, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adanya audio sound system yang memiliki peranan cukup penting. Kualitas audio yang bagus akan membuat nyaman para tamu undangan. Jika audionya buruk, pengunjung tidak akan betah berlama-lama di tempat pesta berlangsung. Agar tak salah langkah menentukan audio sound system yang tepat, keempat vendor ini akan membagikan kiat-kiatnya.

Dwi Anggoro Agung, pemilik Platinum Sound System yang beralamat di Jalan Wanara Barat/858A Pedurungan Semarang ini menyarankan untuk meneliti rekam jejak dari event yang pernah ditangani.

“Teliti track record melalui acara-acara yang pernah ditangani. Selain itu pilihlah standar peralatan yang selalu diperbarui, misalnya digital mixer, kapasitas suara yang memadai, dan water resistant.

Pastikan vendor yang dipilih memiliki pelayanan yang fleksibel dengan kebutuhan acara,” jelas Agung. Vendor yang berdiri sejak 2009 dan sudah sering menangani acara besar seperti konserkonser band papan atas sekelas Sheila on 7, Agnes Mo bahkan kunjungan Presiden RI Joko Widodo dalam acara hari pangan sedunia di Boyolali ini menyarankan agar calon pengada pesta tidak berorientasi pada jumlah nominal saat merencanakan bujet.

“Untuk bujet sebaiknya jangan berorientasi pada jumlah nominal. Nominal rendah bukan berarti murah jika pada akhirnya tidak mampu memenuhi kebutuhan yang semestinya dan mungkin akan terjadi pembengkakan biaya di akhir. Sebaliknya nominal tinggi namun mampu mengcover segala kebutuhan yang diinginkan maka tidak akan terjadi pembengkakan bujet,” saran Agung.

Senada dengan Agung, Nathaniel pemilik dari Thunder Production yang berada di Jalan Pusponjolo Selatan No 36 sejak 1999 ini mengatakan hal serupa. “Selidiki rekam jejak vendor sound yang akan dipilih. Pada era sekarang sangat mudah untuk mengetahui rekam jejak sebuah vendor dengan melihat di internet, Instagram ataupun dari mulut ke mulut. Pastikan vendor tersebut memiliki peralatan yang bagus dan SDM andal,” jelas Nathaniel. Thunder Production sendiri memiliki peralatan sound built up dari luar negeri, sehingga memiliki kualitas yang baik.

Nathaniel menambahkan, “Kami memiliki peralatan dan SDM yang berkualitas. Terbukti kami selalu dipercaya menangani UGM jazz festival dari tahun ke tahun. Selain itu sound kami juga pernah digunakan saat konser Michael Learns to Rock.”

Masih sepemikiran dengan Nathaniel, Steve Wijaya pemilik Diamond Sound System yang berdiri sejak 2003 di Jalan Gombel Indah No 1 Semarang juga mengiyakan.

“Yang paling penting adalah produk yang digunakan dan SDM yang menjalankan. Dengan merek yang bagus maka paling tidak 70% suara akan berkualitas baik. Sisanya ditentukan oleh keterampilan sound engineer dalam memoles suara agar lebih baik lagi,” tekan Steve.

Diamond Sound System menggunakan peralatan built up dan menggunakan produk sekelas Funktion One untuk speaker, Allen & Heath dlive S5000 untuk Mixing console, Electrovoice/HK untuk monitor speaker, dan Canari & Mogami untuk Cabling. Merek ternama ini digunakan untuk menghasilkan suara yang khas dan detil.

Nathaniel menambahkan, “Perencanaan bujet disesuaikan dengan gedung yang digunakan. Semakin besar gedung semakin tinggi juga harga sewa soundnya.” Alphapro Premium Sound yang bertempat di Jalan Cinder Raya No 7 Semarang sejak 2009 pun memiliki bocoran tips untuk menentukan vendor audio sound yang tepat.

Arief Setiawan, pemilik vendor yang kerap menangani acara konser musik, launching company, exhibition, gathering, pernikahan, dan pesta ulang tahun ini mengatakan, “Sebaiknya dengarkan dulu bunyi sound systemnya. Ada beberapa jenis sound system yang memiliki kualitas berbeda, jadi calon pengada acara harus mendengarkan dulu kemudian memilih sesuai dengan apa yang didengarnya.

Jadi tidak membeli kucing dalam karung.” Vendor yang memiliki peralatan lengkap berkualitas premium ini pun memperhatikan estetika, kerapian, dan kenyamanan audio dalam sebuah acara. “Estetika, kerapian, dan kenyamanan juga penting dalam sebuah acara. Karena itu, kami selalu memperhatikan hal-hal detil seperti itu agar meningkatkan kualitas pelayanan serta kepuasan pelanggan,” tambah Arief.

Keempat vendor tersebut sepakat bahwa waktu terbaik dalam memesan vendor audio sound system adalah satu tahun atau paling lambat dua minggu sebelum acara berlangsung. Nah, kini Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menentukan vendor audio terbaik agar dapat memanjakan telinga para tamu undangan.

Subscribe to Our Newsletter

instagram : @ikapesta
sekretariat@ikapesta.com