Pendingin Ruangan Membuat Pesta Nyaman

Saat menyiapkan sebuah hajatan, tentu tak salah jika yang pertama kali dihubungi ialah vendor-vendor utama.

Sebutlah katering, dekorasi atau hiburan. Selain itu, tuan rumah tidak boleh alpa memperhatikan hal lain. Menyewa pendingin ruangan, misalnya.

Pendingin ruangan atau air conditioner (AC) termasuk barang wajib yang harus ada dalam sebuah acara. Terlebih saat cuaca terik, AC tidak hanya berfungsi menyejukkan ruangan, tetapi juga meningkatkan kenyamanan tamu undangan. Menyadari kebutuhan konsumen, bisnis sewa AC pun kian menjamur. Di satu sisi, banyaknya vendor membuat konsumen punya banyak pilihan. Namun, di sisi lain penentuan vendor ini tetap harus dilakukan secara teliti.

Asal pilih vendor yang menyediakan harga murah, contohnya, bisa jadi malah menyulitkan. Misal kapasitas AC tidak sesuai kebutuhan atau AC ternyata tidak maksimal menciptakan udara sejuk.

Global AC
Global AC

”Sebelum menyewa pastikan AC dalam kondisi prima,” saran Denny Adhi Chandra dari Global Tehnik AC dan Genset. Terletak di Jalan Kijang Selatan 51A-B, Semarang, vendor yang beroperasi sejak 2009 tersebut tidak hanya menyewakan AC, tapi juga fan, fancool, dan genset.

Tidak Bersuara

Seperti AC, keberadaan genset dalam sebuah acara juga tak kalah penting. Menurut Denny, mesin genset yang baik ialah yang memiliki karakter silent atau tidak bersuara saat dioperasikan.

Selain itu, agar tak kecewa saat menyewa genset ada baiknya menentukan lebih dulu jenis pemakaiannya. Apakah genset tersebut sebagai sumber listrik yang utama, sebagai tambahan daya untuk memenuhi kebutuhan acara, atau dinyalakan saat terjadi pemadaman saja. Penentuan itu akan mempengaruhi berapa kapasitas genset yang dibutuhkan.

Istana AC
Istana AC

Di luar itu, tidak ada salahnya memesan sejak jauh hari agar vendor yang bersangkutan bisa menjadwalkan dan menyiapkan instalasinya. Demikian ditambahkan pemilik Istana AC dan Genset, Decky Prambudi.

Berdiri sejak 16 tahun lalu, vendor yang berlokasi di Jalan Tlogobayem 659, Semarang, ini bertangan dingin dalam melayani kebutuhan konsumen. Decky mengingatkan, besaran biaya adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam menyewa.

”Selain itu pastikan memilih tempat sewa yang sudah berpengalaman dan memiliki unit sendiri,” kata Decky. Jika kepemilikan AC dan genset benar-benar milik vendor, kemungkinan besar mereka memberi garansi saat pemakaian barang. Sebaliknya, jika barang-barang itu bukan pribadi milik vendor, tidak menutup kemungkinan vendor tersebut tidak akan merespons jika ada keluhan.

 

Sumber : SM

Subscribe to Our Newsletter

(024) 7625095
sekretariat@ikapesta.com