Percayakan Acara pada EO

Setiap acara memiliki berbagai hal yang harus dipersiapkan. Terkadang keterbatasan sumber daya yang dimiliki penyelenggara acara menjadi sebuah kekurangan. Di sinilah event organizer (EO) hadir untuk membantu klien mengorganisasi acara sehingga berjalan lancar.

EO bertanggung jawab terhadap seluruh rangkaian acara mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi demi mewujudkan tujuan yang diharapkan klien. Sebagai partner bisnis yang memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan, EO harus memiliki kemampuan organisasi yang baik.

Hope The Organizer
Hope The Organizer

Pemilihan EO tentu mempengaruhi keberhasilan sebuah acara. Karena itu, agar tak kecewa penyelenggara acara harus mampu menyeleksi EO seperti apa yang akan diajak sebagai business partner. Tiga vendor event organizer (EO) di Semarang ini siap membeberkan kiat-kiat agar klien tak salah pilih. Martin Teguh, managing director Hope The Organizer yang beralamat di Jalan Taman Muara Mas NO 39 Tanah Mas Semarang sejak 2004 ini menyarankan untuk mementingkan kualitas dari setiap EO. ”Carilah EO yang berpengalaman di bidangnya. Jangan menjadikan biaya jasa sebagai patokan, tetapi pentingkan kualitas yang dihasilkan oleh EO tersebut,” ujar Martin.

Vendor EO yang memiliki akun instagram @hopetheorganizer ini menawarkan jasa EO mulai dari wedding consultant and organizer, birthday consultant and organizer, hingga corporate organizer. Hope The Organizer menambahkan agar klien selalu melakukan konsultasi dengan EO yang telah dipilih. ”Cobalah untuk berkonsultasi tahap awal dengan EO yang telah dipilih. Jika klien telah merasa cocok di awal maka acara akan berlangsung dengan sukses,” tandas Martin yang selalu mengutamakan kepuasan klien ini.

Dengarkan Rekomendasi

Famouz Creation EO
Famouz Creation EO

Famouz Creation EO yang menawarkan jasa wedding party, engagement party, sweet seventeen party, kids party, anniversary party, surprise party, gathering, dan launching product ini turut memberikan kiat memilih vendor EO yang tepat. Stevanus Haryanto, sang pemilik, menyarankan untuk memperhatikan pengalaman setiap EO. ” Event organizer adalah bisnis yang menjual jasa. Karena itu, pengalaman setiap vendor EO menjadi nilai penting. Sebaiknya klien memilih EO yang memiliki banyak pengalaman kerja,” ungkap Stevanus yang mendirikan Famouz Creation EO sejak 2012 ini.

Pemilik akun instagram @famouzeo ini menambahkan untuk memilih EO sesuai dengan rekomendasi orang-orang terdekat. ”Klien perlu mendengarkan rekomendasi dari rekan atau kerabat karena berdasarkan pengalaman sudah dipastikan EO tersebut profesional atau tidak. Selanjutnya memilih EO dengan harga murah boleh saja asal masih masuk akal, karena setiap EO tetap mengeluarkan biaya untuk kebutuhan setiap acara. Tak kalah penting pilihlah EO yang sanggup menyesuaikan keinginan klien. Kami memiliki konsep yang berbeda dari EO lain, karena kita selalu membuat style up to date karena tim kami berisikan anak muda yang kreatif,” jelas pemiliki Famouz EO yang beralamat di Muara Mas Barat 386 Semarang ini.

Gosyen EO
Gosyen EO

Daniel Soebroto pemilik Gosyen EO yang berada di Puri Anjasmoro Blok Oí4 No 3 sejak 2008 ini turut membocorkan tips memilih jasa EO yang baik. Daniel menyarankan agar klien memilih vendor EO yang memiliki prinsip 3P+3H. ”Pilihlah EO yang menguasai prinsip 3P+3H yakni perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan serta hubungan dengan klien, hubungan dengan orang tua klien, hubungan dengan vendor-vendor yang terlibat. Jika EO memiliki prinsip ini, sudah dipastikan acara yang ditangani akan berjalan sukses,” ujar pemilik vendor @gosyen.eo di instagram ini. Gosyen EO menerima jasa wedding orgaizer, party organizer, consultant and conceptor, artist agency, professiona femae and male usher, hingga paket eksklusif pernikahan.

Daniel menyarankan agar klien tak terlalu mementingkan tanggal cantik. ”Sebaiknya jangan terlalu mengutamakan tanggal cantik, karena yang menentukan kesuksesan acara bukanlah tanggal melainkan persiapan matang mulai dari pemilihan vendor, tempat, konsep, perencanaan bujet, dan persiapan lainnya. Kami selalu mendampingi klien dari nol hingga acara selesai dengan lancar.

Karena kami menggunakan pendekatan kekeluargaan maka saat mempersiapkan acara seperti acara keluarga sendiri, sehingga dapat terlaksana sesuai dengan keinginan klien. Kami pun tidak membedakan klien, kami selalu menghargai setiap keberagaman etnis, agama, dan budaya,” jelas Daniel.

Subscribe to Our Newsletter

instagram : @ikapesta
sekretariat@ikapesta.com