Tempat Istimewa untuk Tamu Undangan

MEMANJAKAN tamu undangan dalam sebuah pesta, tak hanya berupa makanan, hiburan atau suvenir. Tempat menjadi hal dasar yang dapat memengaruhi kenyamanan tamu undangan.

Gumaya Tower Hotel
Gumaya Tower Hotel

Lantas hal apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat untuk pesta? Empat vendor yang menyediakan tempat untuk pesta ini siap membagikan tips menentukan tempat pesta agar tamu undangan merasa nyaman. Yulistra Ivo, marketing Gumaya Tower Hotel yang berada di Jalan Gajahmada No 59-61, menyarankan untuk memperhatikan lokasi venue, konsep acara, bujet, dan fasilitas venue.

Hotel yang berdiri di Semarang sejak 2007 tersebut, memiliki Grand Ballroom bergaya modern-luxury dengan luas ruang 814 m2 serta mampu menampung 60 meja sitting party atau 1.500 pax standing party. “Menggelar pesta tentu bertujuan untuk berbagi kebahagiaan dengan kerabat.

Karena itu, usahakan memilih venue yang mudah dijangkau dan memiliki akses parkir yang nyaman. Sesuaikan juga venue dengan konsep serta bujet yang tersedia,” ujar Ivo. Hotel yang juga menyediakan menu buffet lokal dan internasional ini menyarankan untuk memperhatikan fasilitas yang ditawarkan dalam memilih tempat pesta.

“Pastikan fasilitas apa saja yang diberikan oleh tempat yang akan digunakan untuk pesta. Tanyakan bujet dan lama waktu yang diperlukan untuk dekorasi. Yang terpenting adalah apabila ada kasus listrik padam tempat tersebut bisa menangani seperti Gumaya Tower Hotel,” tambah Ivo.

Hotel Oak Tree Emerald
Hotel Oak Tree Emerald

Senada dengan Ivo, Janche Christ perwakilan dari Hotel Oak Tree Emerald yang berdiri sejak 2013 di Palm Hill Estate Jalan Palm Papandayan, Gajahmungkur, Semarang dan memiliki Pool Side, Cendana Resto, Mahoni Ballroom, Asoka Wedding Chapel dengan kapasitas beragam dari 150-600 pax standing party ini pun membocorkan kiat menentukan tempat pesta yang tepat. “Pastikan tempat tersebut memiliki lahan parkir luas serta pemandangan yang bagus. Sesuaikan kapasitas ruangan dengan jumlah tamu undangan,” kata Janche.

“Jangan lupa untuk menyesuaikan tempat dengan konsep pesta, dekorasi, menu makanan, dan bujet. Hotel Oak Tree tak hanya memiliki lahan parkir yang luas, namun juga memiliki view yang indah. Kami memberikan free venue untuk prawedding, kamar yang luas, beragam pilihan venue untuk wedding sesuai kapasitas dengan harga terjangkau,” ungkap Janche.

Lahan Parkir

Hotel Horison
Hotel Horison

Yuki Liem, Banquet Sales Manager dari Hotel Horison yang berada di Jalan Ahmad Dahlan No 2 Semarang pun turut memberikan tips untuk menentukan venue pesta. Sejak 2002 dan memiliki kapasitas 2500 pax, Hotel Horison dilengkapi dengan tata ruang akustik musik berstandar internasional serta panggung yang mendukung untuk acara wedding dan konser.

“Pilihlan tempat yang memilki lokasi strategis. Selain itu pastikan fasilitas gedung yang diperoleh. Lakukan booking gedung minimal satu bulan sebelum acara. Dan yang perlu diketahui oleh penyelenggara pesta bahwa beberapa gedung mewajibkan memakai vendor rekanan yang bermitra dengan gedung, serpeti katering, dekorasi, dokumentasi serta musik.

Jika penyelenggara pesta ingin menggunakan vendor yang tak bermitra dengan gedung, perlu mempersiapkan biaya tambahan. Jika semua sudah sesuai maka lakukan pembayaran uang muka untuk lingkar tanggal agar tempat itu tidak lebih dulu disewa orang lain pada hari yang sama,” jelas Yuki.

New PRPP Convention Center
New PRPP Convention Center

New PRPP Convention Center di Jalan Anjasmoro Tawangsari Semarang yang diwakili oleh Didik Sunardi pun memberikan saran serupa. “Pastikan gedung sesuai dengan bujet yang telah dianggarkan. Pilihlah tempat yang memiliki lahan parkir yang luas dan aman, sehingga para tamu nyaman.

Tak kalah penting, selain nyaman lahan parkir sebaiknya berada tak jauh dari venue pesta agar tamu tak perlu berjalan terlalu jauh menuju tempat pesta,” saran Didik. New PRPP Convention Center sendiri memiliki lima gedung yang bisa digabungkan menjadi satu, yakni Gedung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sasana Muria, dan Ungaran yang masing-masing memiliki kapasitas 2.000 orang.

Sementara untuk lahan parkir seluas 1-5 hektare yang berdekatan dengan gedung. Kiat-kiat menentukan venue pesta yang dibocorkan oleh vendor-vendor penyedia tempat pesta di Semarang ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan veneu yang tepat demi memanjakan tamu undangan.

Kini penyelenggara pesta tak perlu khawatir akan mengecewakan tamu undangan dengan mempersiapkan tempat pesta yang istimewa.

Subscribe to Our Newsletter

instagram : @ikapesta
sekretariat@ikapesta.com