Tren Suvenir Masa Kini

SUVENIR sudah sejak lama menjadi komponen pesta yang wajib ada,baik di pesta ulang tahun,pernikahan maupun perayaan pesta lainnya. Tak hanya menggambarkan karakter si pengada pesta, tapi suvenir juga dianggap sebagai tanda terima kasih atas kehadiran tamu undangan.
Karena itu,menentukan suvenir adalah hal yang tak boleh dianggap remeh oleh tuan rumah. Salah-salah justru bisa mengecewakan tamu undangan dan memberikan kesan buruk terhadap pengada pesta.

Nah,agar tak salah langkah, ada berbagi kiat yang diberikan oleh tiga vendor untuk menentukan suvenir yang baik. Tak monoton seperti zaman dahulu, kini suvenir memiliki beragam pilihan.

Menick Collection Souvenirs
Menick Collection Souvenirs

Banyaknya pilihan suvenir ini disesuaikan dengan karakter si pengada pesta atau konsep acara. Terlepas dari itu, apa sih yang menjadi tren suvenir akhir-akhir ini? Agar tak ketinggalan zaman,para vendor cendera mata ini membocorkan tren suvenir yang mendominasi pasar saat ini.
Ribka Menick, pemilik dari Menick Collection Souvenirs yang berada di Jalan Rejosari Tengah 2 No 62 Semarang ini mengatakan,tren suvenir belakangan ini adalah sesuatu yang fungsional.

”Akhir-akhir ini pasangan pengantin lebih memilih bingkisan yang fungsional. Jadi, tak hanya sebagai panjangan dan kenang-kenangan, namun juga memiliki nilai guna bagi para tamu undangan,” jelas Ribka.
Sementara menurut Natasha Chendra, pemilik Natch Souvenir yang berdiri sejak 2012,tren suvenir saat ini masih jatuh pada pouch dan gelas keramik dengan sablon nama atau gambar sang pengantin. ”Tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pouch dan gelas keramik dengan sablon nama atau gambar pengantin saya rasa masih mendominasi tren suvenir saat ini,” ungkap Natasha.

Bagi Candrawati Mulyono, pemilik Poocha Souvenir yang terletak di Jl Kranggan Barat 148 dan Jalan gang Tengah 49 Semarang ini, pilihan suvenir yang paling laris akhir-akhir ini adalah item fungsional seperti tas, bantal, dan pouch.
”Suvenir yang paling laris dan menjadi tren tahun ini antara lain tas lipat, bantal leher, powerbank, pouch shabby, sandal kamar, gelas dan botol, aneka model USB, serta kaleng tempat permen,” bocor Candra.

Pesan Jauh Hari

Natch Souvenir
Natch Souvenir

Tak hanya mengikuti tren, calon pengada pesta harus memperhatikan beberapa hal agar tak salah memilih suvenir. Poocha Souvenir yang berdiri sejak 2004 dan mengklaim selalu menjaga kualitas produk serta kepercayaan pelanggan itu, membagikan kiat memilih suvenir yang tepat.
Candrawati menyarankan untuk menentukan anggaran terlebih dahulu, baru kemudian menyesuaikan suvenir dengan konsep acara. Tak ketinggalan suvenir haruslah memiliki nilai guna.

”Yang pertama harus dilakukan adalah menentukan anggaran. Kemudian pilihlah suvenir yang cocok dengan konsep acara pesta. Suvenir pun harus memiliki nilai guna agar bermanfaat untuk tamu undangan,” ungkap Candra yang selalu berusaha menyelesaikan pesanan suvenir tepat waktu ini.
Menick Collection Souvenirs yang bergerak di bidang cendera mata sejak 2008 dan sebagian besar produknya adalah handmade sehingga eksklusif dan tak semua dimiliki vendor lain, juga turut memberikan tips menentukan suvenir. Menick menekankan agar calon mempelai memesan suvenir sejak jauh-jauh hari.

Poocha Souvenir
Poocha Souvenir

”Selain menyesuaikan bujet dengan konsep suvenir yang diinginkan, calon pengantin harus memperhatikan waktu pemesanan. Idealnya adalah tiga bulan sebelum hari berlangsungnya acara,” saran Menick.

Senada dengan Menick, Natch Souvenir yang memberikan pelayanan custom design untuk setiap calon pengantin,baik produk maupun packaging sehingga suvenir menjadi lebih spesial dan menarik ini, memiliki tips serupa. Natasha menyarankan untuk memesan suvenir tiga bulan sebelum hari H atau menyesuaikan dengan jumlah pesanan.

”Pesanlah suvenir minimal tiga bulan sebelum hari pesta. Sesuaikan juga waktu pemesanan dengan jumlah pesanan. Semakin banyak jumlah pesanan, waktu pemesanan sebaiknya juga semakin panjang.

Selain itu pemilihan suvenir tak harus mahal. Sebaiknya pilih suvenir yang unik, awet, bermanfaat, dan dapat digunakan sehari-hari, sehingga suvenir tersebut memiliki kesan khusus di hati tamu undangan,” urai Natasha.

Nah,sudah tahu bagaimana tren dan kiatkiat memilih suvenir yang dijamin tak mengecewakan para undangan bukan. Kini tak perlu ragu lagi membagikan bingkisan tanda terima kasih kepada tamu-tamu yang sudah datang. Cukup ikuti saran vendor suvenir di atas maka tamu undangan akan menerima kesan istimewa dari sebuah suvenir.

Subscribe to Our Newsletter

instagram : @ikapesta
sekretariat@ikapesta.com