Ungkapan Terima Kasih melalui Hidangan Pesta

BUKAN rahasia lagi jika hidangan yang disajikan dalam sebuah pesta adalah sesuatu yang sangat dinantikan oleh para tamu. Sajian makanan dalam pesta pun merupakan ungkapan terima kasih penyelanggara pesta atas kedatangan tamu undangan.

Dengan begitu, penyelenggara pesta mau tak mau berusaha menyediakan hidangan yang tak hanya enak, tapi juga bersih dan sehat agar tamu undangan merasa puas.

Empat vendor katering yang sudah makan asam garam sebagai jasa penyedia makanan pesta ini akan membagikan kiat menentukan katering yang tepat.

Istana Wedang
Istana Wedang

Ariawan Ong, pemilik Istana Wedang yang berdiri sejak 1979 di Puri Anjasmoro D1 No 3 Semarang ini menyarankan agar memilih vendor katering yang sudah berpengalaman, bukan jasa katering musiman.

”Pilihlah vendor yang memang berada di bisnis kuliner. Karena sekarang banyak vendor yang berlatar belakang bukan kuliner.

Artinya, bisnis kuliner bagi sebagian vendor hanya merupakan bisnis sampingan. Klien harus berhati-hati, karena vendor seperti ini tidak bisa dijamin kualitas makanan ataupun pelayanannya,” saran Ariawan.

Vendor katering yang melayani acara pernikahan, ulang tahun, product launching, keperluan rumah duka dengan jenis menu peranakan ini juga menyarankan agar klien memesan cadangan di luar jumlah tamu undangan untuk mengatasi masalah kekurangan makanan saat pesta.

”Untuk menyiasati agar tidak kekurangan makanan dalam pesta, klien sebaiknya memesan cadangan makanan di luar fix order,” tambah Ariawan.

Restaurant Pringgading
Restaurant Pringgading

Senada dengan Ariawan, Restaurant Pringgading yang diwakili oleh Willyanto Winoto ini menyarankan agar melebihkan jumlah pesanan agar tidak mengalami kekurangan makanan.

”Siapkan cadangan makanan untuk tamu-tamu yang bisa saja lebih dari jumlah undangan. Baik standing party maupun sitting party,” jelas Willy.

Resto yang berada di Jalan Pringgading 54 Semarang sejak 1976 ini dan mengklaim memiliki kualitas rasa yang selalu sama, hingga kini ini turut membocorkan kiat menentukan vendor katering yang tepat. ”Pilih makanan yang sesuai dengan selera.

Klien harus mencicip makanannya terlebih dulu untuk menentukan kualitas rasa. Pastikan makanan tersebut pantas untuk disajikan dan sesuai dengan ekspektasi tamu undangan agar tidak mengecewakan.

Yang terpenting klien harus mengetahui rekam jejak vendor katering,” bocor Willy yang sudah berpengalaman melayani ribuan acara pesta.

Pilihlah Menu Halal

Kampung Laut Resto
Kampung Laut Resto

Lukas Wibowo, perwakilan Kampung Laut Resto yang berdiri sejak 2002 di Puri Maerokoco Semarang ini menyarankan agar penyelenggara pesta memperhatikan kebutuhan tamu undangan.

”Jika tamu undangan bermacam- macam pastikan untuk memilih makanan yang halal. Pilihlah menu yang bervariasi agar tamu undangan tidak merasa bosan,” jelas Lukas.

Resto yang menyajikan menu sea food, chinese food, indonesian food, dan western ini pun menyarankan untuk memesan katering sejak jauh-jauh hari.

”Booking katering harus dari jauh-jauh hari. Minimal enam bulan sebelum hari terselenggaranya acara,” kata Lukas.

S2 Banquet
S2 Banquet

Hanato perwakilan dari S2 Banquet yang berdiri sejak 2009 di Jalan Sisingamangaraja 19C Semarang dan menyediakan menu peranakan, japanese food, dan chinese food ini turut membagikan tips bagi calon penyelenggara pesta.

”Klien harus mengetahui komposisi makanan, bahan baku makanan, higienitas, dan pelayanan dari katering saat acara berlangsung. Yang tidak kalah penting klien harus memastikan peralatan yang digunakan bersih, tidak berbau, dan dalam kondisi yang baik,” ujar Hanato.

Resto yang memiliki berbagai macam variasi menu dan dipercaya melayani katering dalam acara berskala internasional ini menambahkan kiat menentukan katering dalam pesta.

”Klien perlu menentukan jumlah pesanan yang tepat. Jumlah pesanan bergantung pada jumlah undangan yang akan disebar.

Klien juga harus memperhatikan komposisi tamu undangan dari luar kota dan dalam kota, karena hal ini berpengaruh pada tingkat kehadiran tamu.

Dengan mengetahui data tersebut maka bisa dijadikan dasar untuk menentukan jumlah makanan yang akan dipesan, sehingga dapat menghindari hal tidak diinginkan seperti kekurangan makanan atau sisa terlalu banyak,” saran Hanato.

Hanato pun menambahkan agar penyelenggara pesta memperhatikan kapasitas tempat yang akan digunakan. ”Jangan sampai jumlah pesanan melebihi kapasitas tempat atau jumlah pesanan terlampau sedikit, sehingga membuat venue terlihat kosong,” tutup Hanato.

Nah, kini tidak perlu khawatir dan ragu lagi dalam menentukan katering yang cocok untuk pesta. Cukup ikuti saran para vendor berpengalaman tersebut untuk memuaskan dan mengungkapkan terima kasih kepada tamu undangan melalui hidangan pesta.

Subscribe to Our Newsletter

instagram : @ikapesta
sekretariat@ikapesta.com